Jumat, 22 Juni 2012

3ds max dasar

4 komentar
Perkenalan Interface
Sekitar tiga empat tahun lalu, saat saya masih anak bawang di dunia Arsitektur/Interior design, gaji yang saya terima sangat kecil. Maklumlah, freshgraduate di dunia design memang kurang di hargai dari segi gaji. Tapi, saya bisa survive thanks to kemampuan saya di 3d. Lumayanlah, per minggu bisa dapet sekitar Rp./ 700 rb diluar gaji kantor dari kerja part time 'kan lumayan tuh (inget ini masih anak bawang loh!)

Makanya, belajar 3ds Max walaupun mungkin agak ribet pada akhirnya sangat worthed, bahkan kalau hanya sebagai untuk alat untuk mengungkapkan ide kita. Kalau dengan sketsa udah ok, apalagi kalau dengan 3d?

Tapi empat hal dasar hal perlu diinget untuk menguasai 3ds max:

Hafalkan Hotkey-nya! Oke lah kalo awalnya masih ngandelin Icon, tapi pelan2 hotkey harus diluar kepala. Misalnya T=untuk Top View, P=Perspective dan seterusnya.
Rajin-rajin nge-Save. Walaupun sudah ada Autoback, biasakan untuk nge-save setiap 15-20 menitan deh, karena secara ajaib, 3ds Max suka mendadak ngambek dan mati mendadak. Kadang autobacknya nggak mau recover. Halaaahhh... saat itu terjadi hhmmmm. Tiada kata untuk mengungkapkan rasanya. Kalau perlu save dengan dua nama.
Sesuaikan kemampuan komputer dengan setting render 3d. Jangan sampai buang-buang waktu render untuk detail yang akhirnya tidak begitu kelihatan pada saat ngeprint, padahal komputernya nggak kuat
Latihan!! buat benda-benda apapun yang ada tutorialnya, dari bantal, jendela, lampu, apapun. Karena setiap perintah baru yang kamu pelajari saat latihan akan bisa berhubungan satu sama lain, dan akhirnya akan bikin kamu jadi jagoan.
Berikut tutorial awal untuk 3ds Max, ini bener-bener dasarnya. Mudah-mudahan akan menjadi awal yang baik untuk tutorial selanjutnya sampai level Advance.








Lemari dari Editable Poly
Editable poly betul-betul akan menghemat waktu kamu dalam modeling, jika kamu bisa menguasai cara menggunakan toolset-nya. Dulu, karena saya sudah menggunakan 3DS sejak jaman bahelul, saya hanya menggunakaneditable mesh, atau bahkan object standar primitif yang di gabung2 atau di-boolean (tentang boolean nanti lah ya saya jelasin lebih lanjut). Dan, bener-bener buang2 waktu kalau dipikir...

Sampai saya menemukan Editable poly dan toolsetnya. Sebagai contoh, saya dulu butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk modeling suatu lemari. Dengan Editable poly, kamu akan liat di video tutorial nanti, bahkan kamu pun bisa membuatnya dalam waktu 10 menit-an saja. Sip kan? Disini, saya masih memperkenalkan dasar2nya saja. Cukup sederhana, nanti di tingkat yang lebih advance, modelingnya bakal lebih seru lagi. Jadi, ayo kita mulai!!!

Oh, btw, jangan lupa di save ya, karena hasilnya akan kita gunakan di tutorial berikutnya.









Mapping
Bagian yang saya paling suka dari 3ds Max adalah Mapping. Karena, Mapping atau pemberian tekstur pada benda ini akan dapat mengurangi beban kerja kita dalam modeling. Misalnya untuk ukiran2 klasik atau tradisional, bisa sih di modeling, tapi berapa lama baru selesai? Apalagi kalau kamu ternyata berbakat dalam modelling, ditambah mapping, bisa jadi perpaduan yang dahsyat tuh!

Mapping plus pencahayaan yang baik akan menghasilkan object yang realistic dan bagusss. Kadang desain yang simpel tapi diberi Mapping yang tepat akan jadi sangat mengesankan? Tidak percaya? tanya saja sama klien2 saya yang merasa puas. (jiaaaaahhhh!!! >.<") Tapi karena banyaknya jenis Mapping dan cara meletakkan mapping dalam object, maka yang saya bahas (untuk saat ini) hanya dasarnya saja. Tergantung gimana kreativitas kamu juga loh untuk mengembangkannya ke batas yang maksimal. Yang saya bahas adalah : 1. Material Standard (pastinya!) yang kemudian akan kita letakkan pada object menggunakan UVW Map 2. Bump dan displacement pada material standard 3. Multi/Sub Object material, ini akan memungkinkan kamu memberikan beragam map pada suatu object 4. Blend material, mencampurkan dua tekstur kedalam satu material dalam pola tertentu 5. Opacity pada material standar, supaya kamu bisa membolong-bolongi suatu benda dengan pola tertentu. Tadinya saya pikir segitu 'tuh sudah sedikit banget, tapi ternyata membutuhkan dua video youtube! Jadi untuk material lainnya yang menurut saya juga penting yaitu refleksi (seperti untuk cermin) dan refraksi (misalnya untuk kaca) terpaksa lain kali saja. Atau sekalian pas membahas material untuk Vray ya? Berikut material yang akan dipakai untuk mapping pada tutorial saya, kamu bisa kopi dari sini Part1

Part2











Editable Spline
Banyak banget cara yang bisa digunakan untuk mengubah Spline jadi model 3d di 3ds max. Spline maksudnya semua garis dasar yang dibentuk, termasuk diantaranya Rectangle, circle, dll. Tutorial kali ini akan membahas beberapa cara mengolah SPline yaitu :
• Extrude
• Loft
• Sweep
• Lathe
Juga sekaligus saya ingin memperkenalkan cara aligment atau meratakan suatu object dengan object lain. Aligment sangat pratis untuk menggerakkan benda secara lebih presisi. Untuk itu kita akan membuat headbed seperti dibawah ini. Tapi tidak termasuk mapping dan pencahayaannya ya?










Pintu dan Jendela
Pintu dan Jendela sudah pasti merupakan bagian penting dari suatu gedung atau rumah. Kadang kita perlu cepat saat membuatnya, agar dapat berkonsentrasi dengan design elemen bangunan lainnya.

Berikut adalah 3 cara favorite saya saat sedang membuat pintu :
1. Dengan Editable Poly, ini terutama untuk pintu utama bangunan minimalis. Karena pintu utama biasanya perlu design yang unik, karena ini adalah elemen yang pertama dilihat orang saat akan masuk kedalam suatu bangunan.
2. Door bawaan dari 3ds Max. Cara ini terutama untuk saat saya membuat animasi, pivotnya diletakkan sedemikian rupa sehingga bisa membuka dan menutup. Sayang untuk detail agak terbatas, walaupun masih bisa di edit kembali menggunakan Edit Mesh ataupun Edit Poly
3. Mapping, cara ini bisa untuk pintu yang berukiran rumit, atau ruangan dengan pencahayaan yang kurang baik sehingga agar keluar detailnya akan lebih mudah menggunakan mapping
Sedangkan 3 cara favorite saya untuk pembuatan jendela :
1. Extendable Spline, cara ini sangat cepat terutama untuk jendela yang sederhana, biasanya saya hanya butuh waktu dibawa 1 menit untuk membuat jendela dengan cara ini. Praktis!
2. Editable Poly, cara ini khusus untuk jendela dengan perlakuan khusus, misalnya jendela pojok atau jendela dengan design khusus.
3. Windows bawaan dari 3ds Max, cukup cepat tapi kelemahannya detail garis pertemuan antar jendela malah suka hilang saat jendela ditutup. Tapi tentu saja bagus saat mau membuat animasi.










Membuat Ruang Tidur (Import, Eksport, Group )
Sudah banyak sekali file Max pendukung bangunan atau ruangan (kursi, pintu, jendela dll) yang di sediakan, baik gratisan di internet maupun jualannya dalam bentuk CD/DVD. Misalnya dari Archmodel, Archinterior, Bosch dan sebagainya. Sehingga kita tidak perlu menghabiskan berjam2 untuk modelling benda2 yang hanya merupakan komponen pendukung dalam design kita. Kita juga bahkan bisa membuat library kita sendiri, yang kelak bisa di upload, atau malah dijual -kalau bagus lho!-

Ditutorial ini kita akan membahas bagaimana mengimpor file, yang tidak sejenis dengan max, misalnya CAD dan 3ds dengan cara import. Juga impor sesama file max menggunakan merge. Juga bagaimana kemudian mengekspor file dengan Archive. Ini perlu, karena file max sangat terkait dengan material yang digunakan, jika kita hanya mengkopi file begitu saja, atau bahkan merename folder dimana kita menyimpan material, bisa-bisa kita harus mengulang pemberian material. Ini sangat merepotkan kalau scene kita sudah kompleks.

Karena kita sudah mulai masuk kedalam scene, jumlah model kita juga akan bertambah, karenanya kita juga akan mempelajari cara mengolah object yang sudah di group dan alternatif lain dari group yaitu link. Link ini dimasa depan akan penting saat kita mulai mempelajari reactor.

Kalau malas mendesign sendiri, bisa pakai denah ini:




Sumber: http://azri3d.blogspot.com

4 Responses so far

  1. Unknown says:

    mbak untuk latihan 3d max 2013 trial ada g

  2. Unknown says:

    mbak bisa g jarin saya untuk 3d max 2013 ..saya baru instal trial 3d max 2013...gmana caranya agar saya bisa menggunakan 3d max 2013...info ke email saya :afrizal.smart@yahoo.co.id

  3. Unknown says:

    gan, file pdf nya gk ada ya ???
    email saya dadi_zalfarisi@Yahoo.com

  4. Anonim says:

    bookmark dolo bang :v

Leave a Reply