Animasi Arsitektur 103-Menggerakkan Pintu dan Jendela
Setelah sebelumnya pada tutorial 5 kita mebahas cara2 termudah (menurut saya) membuat pintu dan jendela, sekarang kita akan menganimasikannya pada bangunan. Pada tutorial ini juga kamu bisa melihat bahwa Pintu dan Jendela default pada 3ds max bisa digabungkan dengan Pintu dan jendela yang dibuat secara manual.
Memang, menganimasikan pintu dan jendela default lebih mudah dari pada yang dibuat secara manual, tapi sayangnya, kita akan menemui kesulitan jika kita ingin menambahkan gagang pintu atau accessories jendela lainnya. Harus ada treatment khusus.
Animasi Arsitektur 104-Membuat tirai
Saya pernah menjelaskan tentang Cloth modifier dalam tutorial membuat bantal. Dan kali ini kita akan menggunakannya lagi dalam membuat tirai. Prinsip membuat tirai ini dapat juga digunakan untuk membuat handuk ataupun bendera (tapi untuk bendera harus ditambah lagi dengan reactor wind).
Ada beberapa hal yang sangat berpengaruh agar tirai yang anda buat jatuhnya alami :
1. Material Cloth yang anda gunakan. Dalam 3dsmax ada banyak material tirai Cloth yang ada, seperti spandex, rubber, satin, silk dll. Saya sarankan, anda meluangkan waktu untuk mencoba material itu satu persatu dan bandingkan parameter yang berpengaruh. Kelak anda akan mendapat kan material yang paling cocok dengan kebutuhan anda
2. Gravitasi. Terkadang kita harus menambah nilai gravitasinya, cara ini akan menarik tirai kebawah sehingga tirai tidak kelihatan terlalu kaku lagi
3. Besarnya segmen. Semakin kecil segmennya, tentunya bendanya akan semakin lentur. Tapi jangan terlalu kecil segmennya, karena akan memberatkan file 3dsmax.
Ditutorial ini saya mencontohkan dengan menggunakan plane, tapi anda juga dapat menggunakan garment maker yang penggunaannya saya pakai di tutorial membuat bantal diatas.
Animasi Arsitektur 105-Animasi Mobil Sederhana
Mobil dapat membuat presentasi Arsitektur kita semakin menarik serta juga dapat membantu menjelaskan skala bangunan kepada klien. Karenanya saya menambahkan Animasi mobil ini kepada seri Animasi arsitektur ini.
Animasi mobil ini tidak terlalu rumit, dan gerakan mobilnya cukup linear saja, karena mobil bukanlah merupakan inti dari presentasi. Dan penggeraknya hanya dummy saja yang dikaitkan dengan Look At constrain, Position Constrain, Orientation Constrain dan Path constrain.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perintah animasi :
1. Arah pivot point, karena menggunakan link, arah pivot point bisa terpengaruh dengan parent dari link
2. Hirearki atau urutan perintah. Karena beberapa perintah akan memiliki pengaruh lebih kuat terhadap suatu object daripada perintah lainnya. Misalnya Look At constrain jika digunakan sebelum Link, tidak akan memiliki pengaruh terhadap object. Karena link akan mengunci perintah yang diberikan sebelumnya.
3. Saat menggunakan orientation Constrain, perhatikan apakah Transform rule nya Local ataukah World, karena jika menggunakan world, maka constrain sebelumnya tidak akan berpengaruh.
Tentunya masih banyak lagi cara untuk menganimasikan mobil secara lebih realistik, misalnya menggunakan reactor, kombinasi antara constrain dengan perintah lainnya, dan sebagainya.
Selamat mencoba!!
Animasi Arsitektur 103-Menggerakkan Pintu dan Jendela
Setelah sebelumnya pada tutorial 5 kita mebahas cara2 termudah (menurut saya) membuat pintu dan jendela, sekarang kita akan menganimasikannya pada bangunan. Pada tutorial ini juga kamu bisa melihat bahwa Pintu dan Jendela default pada 3ds max bisa digabungkan dengan Pintu dan jendela yang dibuat secara manual.
Memang, menganimasikan pintu dan jendela default lebih mudah dari pada yang dibuat secara manual, tapi sayangnya, kita akan menemui kesulitan jika kita ingin menambahkan gagang pintu atau accessories jendela lainnya. Harus ada treatment khusus.
Animasi Arsitektur 104-Membuat tirai
Saya pernah menjelaskan tentang Cloth modifier dalam tutorial membuat bantal. Dan kali ini kita akan menggunakannya lagi dalam membuat tirai. Prinsip membuat tirai ini dapat juga digunakan untuk membuat handuk ataupun bendera (tapi untuk bendera harus ditambah lagi dengan reactor wind).
Ada beberapa hal yang sangat berpengaruh agar tirai yang anda buat jatuhnya alami :
1. Material Cloth yang anda gunakan. Dalam 3dsmax ada banyak material tirai Cloth yang ada, seperti spandex, rubber, satin, silk dll. Saya sarankan, anda meluangkan waktu untuk mencoba material itu satu persatu dan bandingkan parameter yang berpengaruh. Kelak anda akan mendapat kan material yang paling cocok dengan kebutuhan anda
2. Gravitasi. Terkadang kita harus menambah nilai gravitasinya, cara ini akan menarik tirai kebawah sehingga tirai tidak kelihatan terlalu kaku lagi
3. Besarnya segmen. Semakin kecil segmennya, tentunya bendanya akan semakin lentur. Tapi jangan terlalu kecil segmennya, karena akan memberatkan file 3dsmax.
Ditutorial ini saya mencontohkan dengan menggunakan plane, tapi anda juga dapat menggunakan garment maker yang penggunaannya saya pakai di tutorial membuat bantal diatas.
Animasi Arsitektur 105-Animasi Mobil Sederhana
Mobil dapat membuat presentasi Arsitektur kita semakin menarik serta juga dapat membantu menjelaskan skala bangunan kepada klien. Karenanya saya menambahkan Animasi mobil ini kepada seri Animasi arsitektur ini.
Animasi mobil ini tidak terlalu rumit, dan gerakan mobilnya cukup linear saja, karena mobil bukanlah merupakan inti dari presentasi. Dan penggeraknya hanya dummy saja yang dikaitkan dengan Look At constrain, Position Constrain, Orientation Constrain dan Path constrain.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perintah animasi :
1. Arah pivot point, karena menggunakan link, arah pivot point bisa terpengaruh dengan parent dari link
2. Hirearki atau urutan perintah. Karena beberapa perintah akan memiliki pengaruh lebih kuat terhadap suatu object daripada perintah lainnya. Misalnya Look At constrain jika digunakan sebelum Link, tidak akan memiliki pengaruh terhadap object. Karena link akan mengunci perintah yang diberikan sebelumnya.
3. Saat menggunakan orientation Constrain, perhatikan apakah Transform rule nya Local ataukah World, karena jika menggunakan world, maka constrain sebelumnya tidak akan berpengaruh.
Tentunya masih banyak lagi cara untuk menganimasikan mobil secara lebih realistik, misalnya menggunakan reactor, kombinasi antara constrain dengan perintah lainnya, dan sebagainya.
Selamat mencoba!!
Sumber: http://azri3d.blogspot.com
Jumat, 22 Juni 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)