Jumat, 22 Juni 2012

Sketchup14-Animasi keren dengan Section

0 komentar
Sketchup14-Animasi keren dengan Section
Saya menggunakan 3dsmax, jauh sebelum saya menguasai sketchup. Awalnya saya merasa tidak perlu menguasai sketchup, karena presentasi dengan 3dsmax (kelihatannya) jauh lebih mengesankan, lebih banyak dicari orang dan lebih luas implementasinya. Dan sebelumnya saya sudah pernah membahas kelebihan dan kekurangan 3dsMax dan sketchup. Tapi ada satu fitur Sketchup yang membuat saya jadi sangat tertarik mempelajari Sketchup. Dan itu adalah Section.

Tentu saja 3dsMax memiliki clip yang mirip2 dengan section. Tetapi Section-nya sketchup bisa langsung dimanfaatkan untuk berbagai hal. Bisa langsung diekspor ke Autocad untuk kemudian diedit lebih lanjut, atau bisa langsung dipresentasikan dengan fitur Layout (yang sekarang juga sudah selangkah lebih maju lagi), dan yang paling mengesankan, menurut saya, adalah Section bisa langsung dianimasikan.

Pertama kali melihat hasil animasi section, saya pikir, tentunya ini akan sulit sekali. Tetapi, begitu tahu triknya, ternyata sangat mudah! Sayangnya, saat membuat tutorial ini, Section belum bisa dirender menggunakan Vray. Dan saya belum mencoba rendering engine lainnya.

Ada diantara kalian yang tahu, section bisa dirender pakai apa? boleh dong sharing...






Update: Saya lupa menginformasikan, Style hanya ada di Sketchup Pro, misalnya Sketchup Pro 7 atau Sketchup Pro 8

Sumber: http://azri3d.blogspot.com

Leave a Reply