Kamis, 07 Juni 2012

Tutorial Membuat Autobot Transformers in 3Ds max

0 komentar
 Kalian pasti sudah melihat film Transformers dari seri 1 sampai 3. Keren banget kan animasinya. Aku sudah mencoba untuk membuat Autobot menggunakan 3Ds max, bermodalkan mobil Mitsubishi Lancer dan beberapa video tutorial dari YouTube, aku mencoba membuat Autobot yang video animasinya bisa dilihat di sini.

Kalian juga pengen mencoba membuat Autobot transformation? Gak susah kok, hanya perlu kesabaran dan kreatifitas.
Kalian pasti bisa jika mau berusaha.

Tanpa panjang lebar, aku jelaskan garis besar proses pembuatannya. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Siapkan model yang ingin di transformasi (mobil, sepeda motor, handphone, atau apapun sesuai yang kalian inginkan).
Kalau kalian ingin membuat mobil 3Ds max sebagai modal Autobot, dan belum tau caranya silahkan buka Tutorial Car Modeling in 3Ds max.

2. Buatlah badan dari robot kamu (dalam hal ini robot telanjang, tanpa asesoris body-body mobil yang tertempel). Lengkap dari ujung kaki sampai ujung kepala.

3. Waktunya untuk membuat sistem tulang atau biasa disebut rigging, kalian bisa menggunakan biped ataupun bones. Kalo aku lebih suka menggunakan bones, karena lebih fleksibel dalam menentukan panjang tulang dan memperbanyak sendi.
Tapi bagi pemula bisa mengikuti petunjuk tutorial dulu yaitu menggunakan biped.

4. Saatnya untuk mengaitkan body robot ke tulang yang sudah kalian buat atau sering disebut skinning. (Kemarin aku ada masalah dalam skinning menggunakan biped, lalu aku ganti tulang menggunakan bones). Jika kalian menemukan masalah, silahkan komentar di postingan ini, kalo aku bisa, pasti aku kasih tau cara mengatasi masalah tersebut.

5. Inilah saat-saat yang membedakan animasi robot biasa dengan Autobot Transformers, kali ini kalian akan membuat animasi gerakan komponen-komponen mobil yang bergerak mengikuti robot.

Hal diatas adalah garis besar dalam pembuatan Autobot Transformers, Langkahnya cukup panjang jika ditulis dengan kata-kata, untuk mempersingkat dan mempermudah kalian untuk memahami, silahkan download video tutorial dibawah ini.

Selamat Berkarya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di postingan ini.

Sumber : GAMBUSES: Tutorial Membuat Autobot Transformers in 3Ds max http://gambuses.blogspot.com/2012/01/tutorial-membuat-autobot-transformers.html#ixzz1x5ejHdK9




 part 1


 part 2


 part 3


 part 4


 part 5


 part 6



 sumber: http://gambuses.blogspot.com

Leave a Reply